Laman

Sabtu, 08 Maret 2014

Rhinoceros Iguana

Rhinoceros Iguana (Cyclura cornuta) atau sering disebut Iguana badak. Iguana ini paling sering ditemukan di Amerika Utara dan umumnya menempati hutan tropis kering terutama di Pulau Hispaniola dan di Laut Karibia.

Beberapa fakta unik tentang Rhinoceros Iguana :

1. Fisik
Rhinoceros iguana memiliki daya tahan tubuh yang baik, memiliki tubuh ditutupi dengan deretan duri kaku, kaki kaki yang panjang memungkinkannya untuk berjalan tanpa tubuhnya menyentuh tanah, memiliki warna abu-abu-coklat. Seekor Rhinoceros iguana jantan dewasa beratnya bisa mencapai sepuluh kilogram.
Sisik epidermis pada kulit Rhinoceros iguana bertekstur kasar. Jantan memiliki tanduk jauh lebih besar daripada betina. Tanduk ini juga dapat digunakan untuk membantu membedakan jantan dan betina.
2. Gaya Hidup
Iguana merupakan reptil herbivora. Makanan mereka terdiri dari buah-buahan, bunga, daun dan biji-bijian, Mereka terkadang mengkonsumsi serangga, kepiting tanah dan bangkai. Hewan kecil dan serangga sering dimakan oleh iguana muda. Kebiasaan tertentu menunjukkan sifat teritorial iguana ini.
Makan dan berjemur di bawah sinar matahari adalah dua kegiatan utama yang mengambil sebagian besar waktu iguana. Para iguana kemudian menarik diri ke gua, lubang atau batang berongga pada malam hari. Peran pembela wilayah diambil oleh pejantan. Pejantan umumnya ditemukan di atas batu besar dan pohon-pohon tinggi di mana mereka berjemur. Rhinoceros iguana jantan sangat teritorial dan agresif terhadap pejantan lain. Beradu kepala adalah sinyal yang digunakan oleh Rhinoceros iguana untuk berkomunikasi.
3. Reproduksi
Musim kawin selama musim semi di bagian akhir Mei.Terkadang juga sebelum dimulainya musim hujan. Betina bertelur sampai 34 butir dan membangun terowongan sekitar satu meter untuk sarang. Bertelur biasanya terjadi pada periode sebelumnya. Penetasan telur dimulai setelah interval enam bulan. Rentang hidup mereka bisa mencapai tiga puluh tahun, tetapi mereka lebih sering mati setelah dua puluh tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar