Laman

Sabtu, 15 Februari 2014

Ular Jagung (Corn Snake)

Corn snakes adalah salah satu jenis ular yang cocok untuk pemula. Selain mudah dipelihara, corn snake juga punya pola & warna warna yang menarik. Jenis ular ini tidak rewel dengan tempat tinggal mereka, mereka cukup bisa menerima lingkungan yang baru bagi mereka. Tapi ada baiknya menyediakan tempat tinggal yang layak untuk corn snakes. Corn snakes tidak membutuhkan ruang yang luas untuk hidup. Mereka cenderung agoraphobic (takut berada dalam ruang terbuka). Akan sangat baik untuk menyimpan bayi corn snake di kotak kecil yang diberi lubang udara. Saat mereka mulai tumbuh, corn snake bisa dipindahkan pada terarium yang lebih besar. Tingkatkan ukuran luas habitat corn snakes secara bertahap. Buat kandang corn snake sedemikian rupa hingga tidak ada celah untuk kabur karena corn snake gampang lepas.

Substrat (alas untuk kandang) juga diperlukan. Ada beberapa macam substrat yang bisa digunakan. Jangan gunakan serutan kayu soalnya bisa menyebabkan gangguan pernafasan. Pakai saja kertas koran bekas.
Seperti ular lain, corn snake tidak bisa memproduksi panas tubuhnya sendiri. Mereka bergantung pada lingkungannya untuk menaikkan atau menurunkan suhu tubuhnya. Jadi pemanas sangat diperlukan dalam kandang corn snakes. Sistem pemanasan yang buruk akan menimbulkan masalah pencernaan dan juga kekebalan tubuh. Corn snakes setidaknya perlu satu area dimana mereka bisa menghangatkan tubuh. Suhu di dalam kandang yang ideal adalah sekitar 21 sampai 29°C, dan ada banyak cara untuk mencapai suhu ini. Tapi yang pasti jangan sampai badan ular tersentuh langsung oleh sumber panas. Jangan pernah lupa untuk menyediakan tempat bersembunyi. Ini berfungsi untuk memberikan rasa aman pada corn snake. Tempat bersembunyi harus cukup besar supaya ular bisa melingkar di dalamnya. Jangan berikan tempat bersembunyi yang terlalu besar hingga corn snake bisa merasa aman bersembunyi di dalamnya. Di toko toko yang menjual reptil biasanya juga menyediakan tempat bersembunyi yang bagus. Terakhir, jangan lupa sediakan juga cabang kayu kecil supaya corn snake bisa merayap & bertengger di kayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar